ESSAY

Writer / NIM
LIPIYANI SUTINO / 911416124
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Advisor 2 / NIDN
IVAN RAHMAD SANTOSO, SEI, MSI / 0002098302
Abstract
ABSTRAK program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu DR.Dra Sri Endang Saleh, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Ivan Rahmad Santoso, SEI, MSI selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPA'1 di SMA Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang siswa. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi Kelas X IPA di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Hasil koefisien regresi positif menunjukan bahwa semakin efektif dan kreatif model pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru maka akan semakin baik pula hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi Kelas X IPA di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,554. Nilai ini berarti bahwa sebesar 55,40% hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi Kelas X IPA di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo dipengaruhi oleh pengelolaan kelas yang dilakuakn oleh guru secara inovatif, kreatif dan menyenangkan bagi siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pengelolaan Kelas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011