ESSAY

Writer / NIM
DANDY MIRALDY BAKUNG / 911417007
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Advisor 2 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Abstract
Dandy Miraldy Bakung. NIM 911417007. 2022. "Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Smp Negeri 16 Kota Gorontalo Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd Sebagai Pembimbing I & Ibu Dra. Irina Popoi, M.Pd Sebagai Pembimbing II. Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut "Apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII Smp Negeri 16 Kota Gorontalo Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII Smp Negeri 16 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode ex-post facto. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Kota Gorontalo. Jumlah Penarikan Sampel dalam penelitian ini sebesar 63 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Kuesioner, Dokumentasi, Editing, Skoring, dan Tabulasi serta teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) berpengaruh positif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Smp Negeri 16 Kota Gorontalo. Besaran Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) terhadap Hasil Belajar Siswa 29,8% sedangkan sisanya sebesar 70,2% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Kata Kunci :Model Pembelajaran REACT, Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011