ESSAY

Writer / NIM
WILANTI KEU / 911417014
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstract
ABSTRAK WILANTI KEU, 2021. PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 KOTA GORONTALO. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. Usman Moonti, M.Si. dan Pembimbing II Melizubaida Mahmud, S.Pd.,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Dengan mengetahui variabel kecerdasan emosional berpengaruh terhadap variabel hasil belajar siswa, Maka dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar siswa harus diupayakan untuk dimaksimalkan dan diarahkan kecerdasan emosional siswa, sehingga hasil belajar siswa akan terus meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dengan jumlah populasi sebanyak 39 siswa dengan taraf kesalahan 5%. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,681 dan koefisien determinasi sebesar 0,644, sehingga dapat dikatakan korelasinya positif. Selanjutnya, t hitung sebesar 4,400 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,026, maka terdapat pengaruh signifikan. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011