ESSAY

Writer / NIM
MALVIN DUKALANG / 911417039
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
SUDIRMAN, S.Pd., M.Pd / 0020048202
Abstract
Malvin Dukalang. NIM 911417039. 2021. Pengaruh Minat Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPA Di MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si Sebagai Pembimbing I dan Bapak Sudirman, S.Pd, M.Pd Sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPA MAN 1 Kabupaten Gorontalo, 2) Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPA MAN 1 Kabupaten Gorontalo, 3) Pengaruh minat belajar dan disiplin belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPA MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas XII IPA pada mata pelajaran Ekonomi di MAN 1 Kabupaten Gorotalo. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan sensus yaitu mengambil semua populasi untuk menjadi reseponden yang berjumlah 84. Analisis data dalam penelitian ini menggunakanan alisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, 2) disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, 3) minat belajar dan disiplin belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 74,3% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh minat belajar dan disiplin belajar sebesar 74,3%. Kata Kunci: Minat, Disiplin dan Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011