ESSAY

Writer / NIM
MELISA ABRIANI GANI / 911417102
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Advisor 2 / NIDN
Dr. ERMAN I. RAHIM, S.Pd., S.H., M.H. / 0024127004
Abstract
ABSTRAK Melisa Abriani Gani 2021. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo tahun ajaran 2020/2021. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh dari kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Desain penelitian menggunakan desain korelasional. Sampel penelitian pada ini adalah siswa yang berjumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi orang tua memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Hal ini dilihat dari besaran pengaruh tersebut sebesar 12,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Semakin tinggi pengaruh dari kondisi sosial ekonomi orang tua, maka semakin tinggi pula motivasi belajar. Namun sebaliknya turunnya pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua maka akan ikut menurun pula motivasi belajar dengan demikian meningkatnya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi orang tua. Kata Kunci : Kondisi Sosial Ekonomi, Motivasi Belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011