ESSAY

Writer / NIM
NURUL FADILAH HAMID / 911417105
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstract
NURUL FADILAH HAMID, 2021. PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 TELAGA BIRU KABUPATEN GORONTALO.Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. H. Usman Moonti, M.Si. dan Pembimbing II Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadudi kelas VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Dengan mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap aktivitas belajar siswa, maka diharapkan aktivitas belajar siswa dapat lebih meningkat dari sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan jumlah sampel sebanyak 82 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif pengelolaan kelas terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo mencapai 37,4% sedangkan sisanya sebesar 62,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Aktivitas Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011