ESSAY

Writer / NIM
IFANALI SABAYA / 911417112
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Advisor 2 / NIDN
ABDULRAHIM MARUWAE, SE., M.Pd / 0014078806
Abstract
IFANALI SABAYA, 2022. "PENGARUH PEMBELAJARAAN DARING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 16 KOTA GORONTALO". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dra. Irina Popoi, M.Pd. dan Pembimbing II Abdulrahim Maruwae, S.E., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap aktivitas belajar siswa pada mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 16 Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 16 Kota Gorontalo dengan jumlah populasi sebanyak 49 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampling jenuh. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran daring terhadap aktivitas belajar siswa dengan nilai Rhitung sebesar 0,687 lebih besar dari nilai Rsquare sebesar 0,502, sehingga dapat dikatakan korelasinya positif. Selanjutnya, nilai Thitung sebesar 6,479 lebih besar dari nilai Ttabel yaitu sebesar 2,011, maka terdapat pengaruh signifikan. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Aktivitas Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011