ESSAY

Writer / NIM
FAZRIA Z. IBRAHIM / 911417130
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Advisor 2 / NIDN
Dr. MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstract
ABSTRAK Fazria Z. Ibrahim. NIM 911417130. 2021. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpandu Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd Sebagai Pembimbing I dan Ibu Dr. Meyko Panigoro, S.Pd., M.Si Sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpandu Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian Ex Post Facto. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Penarikan sampel dalam penelitian ini sebesar 15% dari jumlah populasi dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisi regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang berarti semakin disiplin siswa dalam belajar maka akan meningkatkan hasil belajar siswa, Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 62,2% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh disiplin belajar sebesar 62,2%. Sementara sisanya sebesar 37,8% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011