ESSAY

Writer / NIM
NUR`AIN ANGGRAINI DJIBU / 911417143
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Advisor 2 / NIDN
SUDIRMAN, S.Pd., M.Pd / 0020048202
Abstract
ABSTRAK NURâAIN ANGGRAINI DJIBU, 2021. âPENGARUH BELAJAR DARING MENGGUNAKAN CLASSROOOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 TELAGA BIRU KABUPATEN GORONTALOâ. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Sudirman, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar daring menggunakan classrooom terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Dengan mengetahui variabel belajar daring berpengaruh terhadap variabel hasil belajar siswa, Maka dapat disimpulkan bahwa belajar daring dengan menggunakan classrooom memegang peranan penting terhadap hasil belajar siswa, sebab belajar daring menggunakan classroom guru dapat membuat kelas, mendistribusikan tugas, memberi nilai, mengirim masukan dan melihat semuanya di satu tempat. Proses belajar dengan cara ini dinilai sangat baik, karena sumber belajar dapat dipergunakan dengan gratis oleh ribuan orang serta proses pembelajaran ini akan menarik karena penyampaian data yang disiapkan dalam media tersebut menyenangkan dan mudah untuk dicerna. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dengan jumlah populasi sebanyak 89 siswa dengan taraf kesalahan 5%. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat siswa memilih jurusan terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,632 dan koefisien determinasi sebesar 0,583, sehingga dapat dikatakan korelasinya positif. Selanjutnya, t hitung sebesar 5,866 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 1,987, maka terdapat pengaruh signifikan. Kata Kunci: Belajar Daring, Hasil Belajar â
Download files

ARCHIVES

2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011