ESSAY

Writer / NIM
HESTI / 911417151
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
Dr. Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstract
ABSTRAK Hesti. NIM 911417151. 2021. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatan Aktifitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMPN 4 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. Usman Moonti, M.Si Sebagai Pembimbing I dan Bapak Drs. Rusli Isa, M.Si Sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatan Aktifitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMPN 4 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Penarikan sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan populasi yaitu kelas atas, kelas tengah, dan kelas rendah di kelas VIII sehingga jumlah sampel sebanyak 98 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan penggunaan strategi pembelajaran interaktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas belajar siswa, yang berarti semakin baik penggunaan strategi pembelajaran interaktif yang dilakukan oleh guru maka akan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 21,6% yang berarti variabilitas aktivitas belajar siswa dapat dijelaskan oleh penggunaan strategi pembelajaran interaktif sebesar 21,6%. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Interaktif, Aktivitas Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011