ESSAY

Writer / NIM
NILA IKRAM S.B / 911417155
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Advisor 2 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Abstract
ABSTRAK Nila Ikram S.B. NIM 911417155. 2021. Pengaruh Pemberian Umpan Balik (Feedback) Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Tepadu Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd., Sebagai Pembimbing I dan Ibu Dra. Irina Popoi, M.Pd.,Sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh PemberianUmpan Balik (feedback) Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Tepadu KelasVIII di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Tapa. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan umpan balik (Feedback) guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas belajar siswa, yang berarti semakin baik umpan balik yang dilakukan oleh guru maka akan meningkatkan aktivitas belajar siswa, Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 55,4% yang berarti variabilitas aktivitas belajar siswa dapat dijelaskan oleh umpan balik (Feedback) guru sebesar 55,4%. Kata Kunci: Umpan Balik (Feedback) Guru, Aktivitas Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011