ESSAY

Writer / NIM
HADIJAH MANHIA / 911417161
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Advisor 2 / NIDN
Dr. ERMAN I. RAHIM, S.Pd., S.H., M.H. / 0024127004
Abstract
Hadijah Manhia. 911 417 161. 2021. Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Materi Interaksi Sosial di kelas VII SMP Negeri 1 Telaga. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd, M.Si dan Bapak Erman I. Rahim, S.Pd, MH. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Materi Interaksi Sosial di kelas VII SMP Negeri 1 Telaga. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner/angket. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 264 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah bagian dari populasi yaitu 40 siswa. Data analisis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian dengan menggunakan regresi linier sederhana ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Telaga yang semakin baik penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dilakukan maka akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa,hal ini ditunjukan dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (6,878>1,685). Hasil analisis data dengan menggunakan SPSS 25 menunjukan r2 sebesar 0,555 nilai tersebut berarti 55,5% hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Telaga dipengaruhi oleh model pembelajaran berbasis masalah. Sisanya 44,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011