ESSAY

Writer / NIM
ROSDIANA SURATINOYO / 911417167
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
Dr. MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstract
Rosdiana Suratinoyo. NIM 911417167. 2021. Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah Bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si sebagai Pembimbing 1 dan Ibu Meyko Panigoro, S.Pd., M.Pd sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Paguyaman. Penarikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan motivasi belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang berarti semakin tinggi motivasi belajar akan diikuti peningkatan hasil belajar siswa, sebaliknya semakin rendah motivasi belajar akan diikuti hasil belajar siswa yang semakin rendah. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 22,7% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh motivasi belajar sebesar 22,7%.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011