ESSAY

Writer / NIM
ISMAIL DENGO / 911418034
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Advisor 2 / NIDN
Dr. MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstract
Ismail Dengo. NIM 911418034. 2022. "Pengaruh Model Pembelajaran Kolaborasi Discovery Learning Dengan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Prof. Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si, Sebagai Pembimbing I & Ibu Dr. Meyko Panigoro, S.pd, M.Pd, Sebagai Pembimbing II. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu "Apakah terdapat Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Konvensional dan Model Pembelajaran Kolaborasi Pada Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo? dengan tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran kolaborasi discovery learning dengan make a match pada siswa kelas XI mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis desain Posttest Only Control Design. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 176 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa dengan teknik pengambilan sampel Cluster Sampling. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai hasil belajar yang menggunakan model pembejaran konvensional dengan yang menggunakan model pembelajaran kolaborasi. Dan jika dilihat dari nilai awal siswa sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan bahwa terdapat perbedaan rata " rata nilai baik dari yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan yang menggunakan model pembelajaran kolaborasi. Besaran pengaruh sebelum dan sesudah dilakukan model pembelajaran dari yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 72,17% dan dari yang menggunakan model pembelajaran kolaborasi sebesar 92,05%. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011