ESSAY

Writer / NIM
ST. HARTINA PUTRI N. / 921418150
Study Program
S1 - AKUNTANSI
Advisor 1 / NIDN
Dr. NISWATIN, S.Pd,SE,MSA / 0012127702
Advisor 2 / NIDN
NILAWATY YUSUF, SE., Ak., M.Si / 0011057204
Abstract
ABSTRAK ST. Hartina, Putri N. NIM 921418fiA. Skripsi. 2022. Studi Etnometodologi Penganggaran Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Program Studi S1 Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dengan Pembimbing, Ibu Dr. Niswatin, S.Pd., SE., MSA dan Ibu Dr. Nilawaty Yusuf, SE., Ak., M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode penganggaran di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti hadir sebagai pengamat partisipan yang terlibat langsung dalam proses penelitian. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnometodologi. Penelitian ini berfokus pada proses penganggaran di Fakultas Ekonomi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung, observasi, dan dokumentasi. Dengan menggunakan teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penganggaran di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo menggunakan metode buttom-up. Dalam hasil penelitian ini berhasil ditemukan 3 (tiga) nilai yang terinternalisasi dalam konteks penganggaran yaitu nilai Interaksi (rapat kerja/Dulohupa) sebagai bentuk partisipasi unit kerja dalam penyusunan program kerja. Nilai Kepatuhan (mengikuti) pelaksanakan aturan dan wewenang dalam proses penyusunan anggaran. Kemudian nilai Kebersamaan (Kepentingan bersama) mengedepankan kepentingan bersama dan kekeluargaan yang menunjukkan bagaimana sebuah komitmen oleh kelompok atau komunitas dalam menginternalisasikan nilai-nilai kebersamaan. ketiga nilai-nilai yang terinternalisasi dalam proses penyusunan anggaran tersebut dimaknai kedalam nilai budaya Gorontalo, yang dikenal dengan istilah heluma. Kata Kunci: Anggaran, Budaya, Penganggaran Fakultas, Etnometodologi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011