ESSAY

Writer / NIM
FIRHAD SYARIFUDDIN BUTOLO / 931410240
Study Program
S1 - MANAJEMEN
Advisor 1 / NIDN
IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
Advisor 2 / NIDN
ROBIYATI PODUNGGE, S.Pd., MAP / 0020058003
Abstract
ABSTRAK FIRHAD SYARIFUDDIN BUTOLO. NIM 931 410 240. “Kualitas pelayanan publik pada kantor SAMSAT kabupaten Bone Bolango”. Skripsi. Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo 2011. Di bawah bimbingan Bpk Irwan Yantu, S.Pd, M.SI selaku pembimbing I dan Ibu Robiyati podungge S.Pd, M.AP selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang bagaimana kualitas pelayanan publik di kantor SAMSAT kabupaten bone bolango. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai pelaku utama yang terlibat langsung dalam mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data yang dilakukan melalui tiga langkah, yaitu analisis doman, analisis taksonomi, dan analisis tema. Beredasarkan deskripsi hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan maka peneliti menarik kesimpulan bahwa pada dasarnya kualitas pelayanan publik telah dilakukan dengan baik berdasarkan ketentuan atau mekanisme pelayanan yang ada, namun dalam penerapanya belum terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari beberama fenomena yang ada, yaitu terletak pada proses mekanisme pelayananya kadang buat penguna wajib pajak yang akan melakukan proses pelayananya sering mendapati masalah dilihat dari lamanya proses pembayaran, kadang wajib pajak tidak mengetahui prosedur mekanisme pelayanan karena minimya informasi, ketidak disiplinya pegawai pada saat melakukan tugasnya sehingga prosesnya menjadi terlambat dan fasilitasnya belum memadai. Dari peryataan di atas ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik, yaitu tangibles (berwujud), reliability (keandalan), responsivess (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty (empati). Melalui penelitian ini diharapkan bahwa perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan publik serta penyediaan fasilitas sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik. Kata kunci : Kualitas Pelayanan Publik
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011