ESSAY

Writer / NIM
RIZKA NUR SAFIRA / 931416058
Study Program
S1 - MANAJEMEN
Advisor 1 / NIDN
Dr. TINEKE WOLOK, ST.,M.M. / 0023057305
Advisor 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstract
Rizka Nur Safira. 931 416 058. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien KIS di Puskemas Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Tineke Wolok, S.T, M.M selaku pembimbing I dan Bapak Andi Juanna, S.pd, M.Sc selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien KIS di Puskesmas Kota Selatan Kota Gorontalo. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang konsumen yang secara tidak sengaja bertemu dengan peneliti dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang telah memenuhi kriteria sampel yang telah ditentukan. Analisis data penelitian ini yakni analisis kuantitatif regresi sederhana. Dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rhitung untuk kualitas pelayanan diperoleh sebesar 0,759 sedangkan nilai rtable tingkat signifikan 5% sebesar 0,361. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Adapun nilai koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,496. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 49,6% variable kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan di Puskesmas Kota Selatan. Sedangkan sisanya sebesar 50,4% dipengaruhi oleh factor lain seperti biaya perawatan, lokasi, fasilitas dan image. Kata Kunci: Kualitas Pelayan, Kepuasan Pasien Rizka Nur Safira. 931416058. 2021. The Influence of Service Quality on Patient Satisfaction of KIS Participants at Puskesmas (Public Health Center) Kota Selatan, Gorontalo City. Undergraduate Thesis, Bachelor���s Degree Program In Management, Departement of Management, Faculty of Economics, State University of Gorontalo. The principal supervisor is TINEKE WOLOK, S.T,M.M, and the co-supervisor is Andi Juanna, S.Pd,M.Sc. This research aims to determine the Influence of Service Quality on Patient Satisfaction of KIS Participan at Puskesmas (Public Health Center) Kota Selatan, Gorontalo City. The research samples are 100 participants that accidentially meet with the researcher. The data collection is done by distributing a questionnaire to the respondents who have met the predetermined sample criteria. At the same time, data analysis in this research uses simple regression quantitative analysis with slovin formula. The research finding shows that the value of rcount for service quality is 0,759, and the value of rtable in the significance level of 5% is 0,361. Thus, H0 is rejected, and H1 is accepted. The value of the coefficient of determination or R square is 0,496. This is indicated that the amount of 49,6% patient satisfaction variable can be influenced by service quality at Puskesmas Kota Selatan. While the rest for 50,4 is influenced by other factors such as cost of care, location, facility, and image.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011