ESSAY

Writer / NIM
SRI WAHYUNI DAUD / 931417054
Study Program
S1 - MANAJEMEN
Advisor 1 / NIDN
Dr UMIN KANGO, S.Pd, M.Si / 0012107902
Advisor 2 / NIDN
RAMLAN AMIR ISA, SE, MM / 0028087507
Abstract
ABSTRAK Sri Wahyuni Daud. 931 417 054. 2021. Pengaruh Kualitas Makanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (studi pada Rumah Makan Ratu di Kota Gorontalo). Skripsi Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dr.Umin Kango, S.Pd, M.Siselaku pembimbing 1 dan Bapak Ramlan Amir Isa, S.E, MM selaku pembimbing 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas makanan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Ratu di Kota Gorontalo secara parsial maupun simultan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 90 orang. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif inferensial regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1)Kualitas makanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Ratu di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 22,30%. Makna dari koefisien positif menunjukan bahwa kualitas makanan yang sesuai dengan selera dari konsumen akan memberikan dampak yang baik dalam peningkatan kepuasan konsumen Rumah Makan Ratu di Kota Gorontalo. (2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Ratu di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 38,80%. Makna dari koefisien positif menunjukan bahwa semakin berkualitas pelayanan yang diberikan oleh pelayanan rumah makan dan pemiliknya maka akan semakin tinggi pula kepuasan konsumen dari Rumah Makan Ratu di Kota Gorontalo. (3) Kualitas makanan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Ratu di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 61,10%, sedangkan sisanya sebesar 38,90% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti harga jual makanan, kesesuaian ekspektasi konsumen atas promosi dan faktor internal dari konsumen.. Sehingga dapat dikatakan bahwa adanya dampak yang baik dari kualitas makanan dan kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan konsumen pada Rumah Makan Ratu di Kota Gorontalo. Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011