Writer / NIM
MOHAMAD RINALDI DJAKARIA / 931418014
Study Program
S1 - MANAJEMEN
Advisor 1 / NIDN
Dr. RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Advisor 2 / NIDN
ENDI RAHMAN, SE, MM / 0013068006
Abstract
MOHAMAD RINALDI DJAKARIA. NIM 931418014 Analisis SWOT Sebagai Penentu Strategi Pemasaran Hotel Grand Q Gorontalo, dibawah bimbingan selaku pembimbing I Bapak Dr. Raflin Hinelo, SE., M.Si dan Bapak Endi Rahman SE., MM selaku pembimbing II. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi Hotel Grand Q Gorontalo secara strategis berdasarkan analisis SWOT kemudian menentukan alternatif strategi pemasaran menurut Matriks SWOT. Penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis SWOT yaitu dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dan kemudian ditunjukkan pada diagram Cartesius, Matriks Internal dan Eksternal, dan Matriks SWOT.
Nampak posisi Hotel Grand Q pada hasil Analisis Diagram Cartesius berada pada Sel 1 pada posisi tumbuh dan kembangkan yang merupakan posisi kompetitif pasar yang kuat.
Pada Matriks SWOT ada 4 alternatif strategi yang dapat digunakan oleh Hotel Grand Q Pada strategi SO memanfaatkan kekuatan untuk mendapatkan peluang yaitu fasilitas yang lengkap beserta makanan danminuman yang beragam, reputasi pelayanan terbaik, serta lokasi yang strategis akan lebih mudah menarik minat konsumen yang semakin banyak berkunjung ke Gorontalo ditunjang dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga lebih cepat dan mudah dalam menawarkan promosi.
Pada strategi WO yaitu mengatasi kelemahan dengan memanfaatkan peluang yang ada. Dengan perkembangan teknologi yang ada dapat digunakan untuk pelaksanaan promosi kepada konsumen scara cepat dan luas serta peningkatan daya beli dan selera konsumen, bisa berdampak positif pada hotel dengan disediakannya fasilitas yang memadai seperti menyediakan ruangan yang lebih besar untuk acara yang berskala besar
Untuk strategi ST yaitu dengan memanfaatkan kekuatan untuk menghindari ancaman yaitu dengan memiliki fasilitas serta menu makanan dan minuman yang beragam. Hotel Grand Q harus terus berinovasi agar produk/layanan yang dihasilkan tidak mudah ditiru oleh pesaing.
Strategi WT yaitu menciptakan strategi khusus untuk kegiatan promosi kepada konsumen yang lebih gencar.
Kata kunci : Analisis SWOT, Matriks SWOT, Alternatif Strategi.
Download files