ESSAY

Writer / NIM
JIARTIA GOBEL / 931418183
Study Program
S1 - MANAJEMEN
Advisor 1 / NIDN
IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
Advisor 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstract
Jiartia Gobel. 931 418 183. 2022. "Pengaruh Strategi Diversifikasi dan Citra Merek Terhadap Keunggulan Bersaing pada KFC Gorontalo. Hasil program studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Irwan Yantu, S.Pd.,M.Si dan Andi Juanna, S.Pd., M.Sc Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi diversifikasi dan citra merek berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keunggulan bersaing KFC Gorontalo. Penelitian ini melibatkan 84 orang responden, dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan metode survey dengan kuisioner sebagai instrument pengumpulan data. Data diuji dan analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diversifikasi tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing KFC di Gorontalo. Diversifikasi dinilai hanya akan membuat perusahaan tidak fokus pada segmen bisnis bidang utamanya sehingga kinerjanya turun dibandingkan perusahaan yang tidak melakukan diversifikasi. Citra merek terbukti berpengaruh terhadap keunggulan bersaing KFC di Gorontalo. Ini dikarenakan sejak dulu, KFC memang sudah di-branding sebagai gerai dengan sajian ayam goreng yang lebih unggul disbanding pesaingnya. Sehingga untuk bisa bersaing di Gorontalo, KFC hanya perlu mengandalkan citra merek saja. Strategi diversifikasi dan citra merek mampu mempengaruhi keunggulan bersaing KFC di Gorontalo secara simultan, yang berarti variabel strategi diversifikasi hanya mampu memberikan dukungan jika dikombinasikan dengan citra merek. Dari kesimpulan tersebut, peneliti merekomendasikan untuk tetap mengupayakan diversifikasi dalam setiap produk KFC, tidak hanya di satu jenis produk saja. Sejatinya aspek ini dapat membentuk citra merek KFC sebagai gerai yang tidak hanya unggul pada sajian ayam goreng tetapi juga pada menu lainnya. Kata Kunci: Diversifikasi, Citra Merek, Keunggulan Bersaing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011