ESSAY

Writer / NIM
NURAIN MOOTALU / 931418189
Study Program
S1 - MANAJEMEN
Advisor 1 / NIDN
Dr. ZAINAL ABIDIN UMAR, M.Si / 0008026903
Advisor 2 / NIDN
Dr. IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstract
ABSTRAK Nurain Mootalu 931 418 189. 2022. "Analisis lingkungan bisnis dalam meningkatkan keunggulan bersaing cafe kopilabs". Program studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. Zainal Abidin Umar, M.Si sebagai pembimbing 1 dan Bapak Dr. Idris Yanto Niode, S.Pd., MM sebagai pembimbing 2. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk 1) untuk mengetahui dan menganalisis Lingkungan Bisnis dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Café Kopilabs. Data yang digunakan dalam penelitian ini: pertama sumber data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari objek penelitian, yaitu dari wawancara kepada direktur Kopilabs, manajer, karyawan dan kedua data sekunder yaitu data-data yang diperoleh dari pengusaha Kopilabs. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentsi, wawancara. Alat analisis yang digunakan untuk strategi keunggulan bersaing adalah dengan teori lima kekuatan persaingan dari porter(1980). Hasil penelitian menunjukan bahwa Café Kopilabs dalam meningkatkan keunggulan bersaing pada praktiknya melakukan tiga strategi bersaing yang dikemukakan oleh Porter yaitu yang paling memberikan dampak pada straegi fokus dengan konsep ngopi asik tanpa music sesuai dengan segmentasi pasar yaitu konsumen yang produktif. kemudian cost low, dan juga diferensiasi. Kopilabs dalam memenangkan persaingan dilihat dari analisis lima kekuatan porter berhasil meraih konsumen yakni pada cita rasa coffe yang banyak diminati yang dibuat memiliki signature tersendiri dimana faktor tersebut berasal dari lingkungan internal itu sendiri. Selain itu harga juga menjadi salah satu faktor penting yang dilihat konsumen dalam memilih cafe. Kopilabs selain menawarkan menu yang banyak diminati konsumen dari sisi desain cafe juga bisa unggul dari cafe pesaing dimana kopilabs menawarkan konsep kopi asik tanpa musik dengan arah sasaran market yang tepat yakni orang-orang yang produktif. Bisa dilihat dari faktor-faktor diatas yang paling memberikan dampak besar dalam meningkatkan keunggulan bersaing berasal dari lingkungan internal. Kata kunci : Lingkungan bisnis; Keunggulan bersaing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011