ESSAY

Writer / NIM
RISNAWATI / 941417030
Study Program
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Advisor 1 / NIDN
Dr. Drs. ZUCHRI ABDUSSAMAD, S.I.K., M.Si / 0016026604
Advisor 2 / NIDN
Dr FENTI PRIHATINI TUI, S.Pd., M.Si / 0008027806
Abstract
Risnawati. 941417030. 2021. Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E- Government Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo, dengan pembimbingan I Dr. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M.Si dan pembimbing II Dr. Fenti Dance Tui, S.Pd., M. Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) inovasi pelayanan publik berbasis e-government di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Gorontalo. (2) Faktor-faktor yang menentukan keberhasilan kualitas pelayanan publik berbasis e-government di Dinas Kependudukandan Catatan Sipil Kota Gorontalo. Pendekatan yang digunakan yakni kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Inovasi pelayanan publik berbasis e-government di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Gorontalo telah diimplementasikan dengan baik dengan mengacu pada prinsip inovasi yang ideal dimana Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Gorontalo menjalankan inovasi untuk mencapai keunggulan kompetitif dan komparatif dalam pelayanan publik, inovasi yang bisa diterima oleh semua pihak dan tingkat kerumitan yang rendah serta mudah dipahami dan diterapkan oleh semua kalangan. Namun kadangkala pelaksanaan inovasi masih memiliki berbagai kendala yakni komitmen aparatur dalam inovasi, kokoh dan canggihnya teknologi yang digunakan serta pemahaman dan kesadaran masyarakat yang minim. (2) Dari 4 faktor yang krusial dalam menentukan faktor keberhasilan kualitas pelayanan publik berbasis e-government di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Gorontalo diketahui bahwa faktor kecanggihan teknologi sangatlah memberikan kontribusi besar dalam menciptakan pelayanan yang berkualitas yang tentunya teknologi tersebut harus dioperasionalkan oleh pegawai yang memiliki kemampuan yang baik dalam inovasi administrasi kependudukan. Sementara itu, faktor pendukung dalam keberhasilan inovasi yakni peran pimpinan dan kerja sama antar tim dalam satuan tugas untuk pelayanan publik yang berbasis e-government dalam pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat Kota Gorontalo. Kata Kunci: Inovasi, e-goverment, Pelayanan Publik
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011