ESSAY

Writer / NIM
WIDYASARI SAHRAIN / 941417069
Study Program
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Advisor 2 / NIDN
Dr IRAWATY IGIRISA, SPd, M.Si / 0028097104
Abstract
WIDYASARI SAHRAIN, 941417069. 2021 INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN DI RSUD TOTO KABILA KABUPATEN BONE BOLANGO. Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd sebagai pembimbing I, dan Ibu Dr. Irawaty Igirisa S.Pd, M.Si sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dalam pelayanan di RSUD Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango. Pendekatan penelitian ini yakni kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 3.205 orang yang kemudian dengan rumus slovin diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Jenis data dalam penelitian ini yakni primer. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa indeks kepuasan masyarakat (IKM) dalam pelayanan memiliki skor IKM sebesar 69,38% yang berada pada kriteria mutu yang baik (mutu B). Hal ini menunjukan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango telah dilakukan dengan baik, sehingga mampu untuk memberikan kepuasan bagi masyarakat atas pelayanan publik bidang kesehatan tersebut. Masyarakat cenderung puas dengan persyaratan pelayanan, kompetensi petugas layanan kesehatan terutama dokter dan perilaku petugas kesehatan terutama dokter. Sementara itu untuk aspek SOP pelayanan, waktu pelayanan, biaya pelayanan, jenis produk layanan, penanganan pengaduan serta sarana & prasarana masih belum optimal, sehingga harus dioptimalkan oleh manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango guna meningkatkan kepuasan masyarakat atas layanan kesehatan yang diberikan organisasi sektor publik kepada masyarakat penerima layanan kesehatan tersebut. Kata Kunci: Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Kesehatan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011