ESSAY

Writer / NIM
ABD RAHMAN KADIR / 941417089
Study Program
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Advisor 1 / NIDN
Dr FENTI PRIHATINI TUI, S.Pd., M.Si / 0008027806
Advisor 2 / NIDN
Dr. RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstract
ABSTRAK Abdurahman Kadir, 941417089, ����¯�¿�½���¯���¿���½��..."Pelayanan Publik Dalam Pendistribusian Air Bersih Di PDAM Kota Gorontalo (Studi Kasus Di Kelurahan Tanjung Kramat Kota Gorontalo)����¯�¿�½���¯���¿���½������ Skripsi, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, 2021. Pembimbing IDr. Fenti Prihatini Dance, S.Pd., M.Si dan Rustam Tohopi, S.Pd., M.Siselaku pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pelayanan Publik dalam Pendistribusian Air Bersih di PDAM Kota Gorontalo (Studi Kasus di Kelurahan Tanjung Kramat Kota Gorontalo). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam (indepth interview) dan dokumentasi. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Pelayanan Publik dalam Pendistribusian Air Bersih Di PDAM Kota Gorontalo terdapat lima indikator penelitian. Dari lima indikator tersebut terdapat dua indikator penelitian yang sudah baikyakni Indikator Assurance atau Jaminan yang diberikan oleh PDAM Kota Gorontalo yang di nilai sudah baik. Hal ini dilihat dari pelanggan yang mengungkapkan tentang kesopanan sikap pegawai dalam memberikan pelayanan. Selanjutnya, Indikator tangible bahwa melakukan pemeliharaan pada pipa pendistribusian air sudah mempunyai fasilitas yang memadai yang digunakan untuk mendukung pegawai dalam pelaksanaan kerja dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Sedangkan tiga indikator yang belum maksimal yaitu indikator responsiveness dalam pelayanan pendistribusian air masih kurang baik karena dalam menyampaikan keluhan pelanggan harus datang langsung ke kantor PDAM Kota Gorontalo.SelanjutnyaIndikator reliability belum maksimal, hal ini dilihat dari ketepatan petugas dalam penyelesaian keluhan pelanggan, terutama di Kelurahan Tanjung Kramat Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo petugas PDAM belum dilakukan proses perbaikan dengan baik dimana PDAM Kota Gorontalo masih kekurangan alat untuk pendistribusian air ke kelurahan Tanjung Kramat.Dan Indikator Emphaty atau Empati belum sesuai dengan keinginan pelanggan, karena pelayanan belum sepenuhnya sesuai dengan apa yang diharapkan oleh konsumen. Oleh sebab itu para pelanggan masih mengeluhkan tentang buruknya pelayanan air. Berdasarkan hasil penelitian inidapat disimpulkan bahwa Pelayanan Publik Dalam Pendistribusian Air Bersih Di PDAM Kota Gorontalokurang optimal dikarenakan masih terdapat tiga indikator yang harus di perbaiki,yakni tinjau dari tiga indikator yaitu indikator reability, responsiveness dan Emphaty. Maka perlu adanya upaya dalam mengoptimalkan pelayanan publik dalam pendistribusian air bersih di PDAM Kota Gorontalo, harus diadakannya alat yang memadai sepertipompa air yang besar untuk pendistribusian air ke kelurahan Tanjung Kramat. Kata Kunci : Pelayanan Publik, Distribusi Air, PDAM
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011