ESSAY

Writer / NIM
SITTI HAJILIA L. POU / 941418036
Study Program
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Advisor 1 / NIDN
Dr. Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Advisor 2 / NIDN
ROMY TANTU, S.Sos, M.Si / 0026017404
Abstract
ABSTRAK Sitti Hajilia L Pou. 941418036. 2022. Efektivitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo.Skripsi Program S1 Administrasi Publik, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Bapak Dr. Rusli Isa, M.Si dan Bapak Romy Tantu, S.Sos.,M,Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Efektivitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo, (2) Faktor-faktor yang menentukan Efektivitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari Penelitian ini adalah efektivitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo pelayanan yang di berikan sudah maksimal. Dilihat dari tiga indikator pengukur efektivitas pelayanan publik yakni ketepatan waktu pelayanan, kecermatan pegawai, dan gaya pemberian pelayanan bahwa pelayanan publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo dalam pelaksanaan pelayanan publik sudah memenuhi standar tiga indikator pengukur tersebut sehingga dapat dikatakan sudah maksimal. Sedangkan untuk faktor-faktor yang menentukkan Efektivitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo menunjukkan semua indikator sudah dijalankan dengan baik sesuai dengan kelima indikator yang ada yaitu kemampuan, keahlian, pengetahuan, sikap, motivasi, dan stress. Kata Kunci : Efektivitas, Pelayanan Publik. ABSTRACT Sitti Hajilia L. Pou. 941418036. 2022. Effectiveness of public services at the population and Civil Registry office of Gorontalo City. Undergraduate thesis of public administration study program, Department of public Administration, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Gorontalo, The supervisors are Dr. Rusli Isa, M.Si and Romy Tantu, S.Sos., M.Si. This Study aims to determine (1) the effectiveness of public services at the Population and Civil Registry office of Gorontalo City. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. Data were collected through observation, interviews, and documentation. The data analysis technique was carried out by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study are the effectiveness of public services at Population and Civil Registry Office of Gorontalo City has been maximum and it is noticeable from three indicators of public service measurement including punctuality of service, employee accuracy, and style of service delivery that have been fulfilled. Whereas the factors that determine the effectiveness of public services at Population and Civil Registry Office of Gorontalo City have been implemented. In addition, it is noticeable from the existing five indicators which are ability, expertise, knowledge, attitude, motivation, and stress. Keywords : Effectiveness, Public Service.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011