ESSAY

Writer / NIM
NURIENDA OCTAVIAMY R. ZAMAD / 941418042
Study Program
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Advisor 1 / NIDN
Dr IRAWATY IGIRISA, SPd, M.Si / 0028097104
Advisor 2 / NIDN
Dr. JURIKO ABDUSSAMAD, M.Si / 0023076707
Abstract
ABSTRAK Nurienda Octaviamy R. Zamad. 941418042.2022. Kualitas Pelayanan E-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bone Bolango. Program Studi S1 Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan pembimbing I Dr. Irawaty Igirisa, M.Si dan pembimbing II Dr. Juriko Abdussamad, M,Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kualitas pelayanan e-KTP di Dispenduk Capil Bone Bolango. (2) apa saja faktor yang menentukan dalam pelayanan e-KTP di Dispenduk Capil Kabupaten Bone Bolango. Pendekatan yang digunakan yakni kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pelayanan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone Bolango sudah berkualitas yang dilihat dari aspek keandalan pelayanan, sikap empati dan daya tanggap dalam melakukan pelayanan serta dibuktikan dengan diperolehnya penghargaan sebagai Kabupaten dengan pelayanan publik terbaik di Provinsi Gorontalo. Meski sudah dalam keadaan berkualitas dan berprestasi, namun aspek jaminan pelayanan yang sesuai waktu harus dibenahi serta optimalisasi ketersediaan sarana dan prasarana dengan rutinnya pengadaan dan koordinasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone Bolango dengan kelurahan/desa serta dengan pemerintah pusat untuk lebih baiknya pelayanan publik dan mempertahankan prestasi pelayanan publik terbaik di Provinsi Gorontalo. (2) Faktor-faktor yang menentukan kualitas pelayanan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone Bolango dari 3 aspek dimana berasal dari sumber daya manusia atau pemberi layanan, faktor organisasi, masyarakat serta sistem pelayanan SPM dan SOP yang sesuai sebagai penerima layanan. Dalam faktor sumber daya manusia pada dasarnya dikonsepkan dengan Kinerja Manusia = Kemampuan + Motivasi + Persepsi Publik. Sementara untuk organisasi karena adanya hubungan birokrasi (koordinasi) secara vertikal maupun horizontal, standar operasional prosedur yang dipedomani, struktur organisasi serta kebijakan instansi. Kemudian dari sistem pelayanan dapat dioptimalkan dengan adanya standar pelayanan minimal dan standar operasional prosedur yang membuat pelayanan menjadi lebih berkualitas. Kata Kunci: e-KTP, Pelayanan, Dispenduk Capil Bone Bolango ABSTRACT NURIENDA OCTAVIAMY R. ZAMAD. 941418042. Quality of E-KTP Services at the Population and Civil Registration Agency of Bone Bolango Regency. Bachelor����¯�¿�½����s Degree Program in Public Administration, Faculty of Social Science. Universitas Negeri Gorontalo, the principal supervisor is Dr. Irawaty Igirisa, M.Si., and the co-supervisor Dr. Juriko Abdussamad, M.Si. This Study aims to determine (1) the quality of e-KTP services at the population and Civil Registration Agency of Bone Bolango. (2) what are the determining factors in the e-KTP services at the population and Civil Registration Agency of Bone Bolango Regency. This study applies qualitative descriptive research. Collecting data uses interviews, observation, and documentation. Data anlysis uses Milled and Huberman model. The results indicated that (1) the e-KTP services at the Population and Civil Registration Agency of Bone Bolango Regency are considered excellent, which can be seen from the aspect of service reliability, emphaty, and responsiveness in carrying out services and proven by receiving an award as the Regency with the best public service in Gorontalo Province. Although it is confirmed as excellent and succesfull, aspects of service guarantess that are well-timed must be addressed as well as optimizing the availability of facilities and infrastructure with regular procurement and coordination from the Population and Civil Registation Agency of Bone Bolango Regency with villages and with the central government for better public services and mantining the best public service performance in Gorontalo Province. (2) The factors that determine the excelence of e-KTP services at the Population and Civil Registation Agency of Bone Bolango Regency are from 3 aspects which are the human resources of service providers, organizational factors, the community, and the appropriate SPM and SOP service system as service recipients. In the human resource factor, it is essentially conceptualized as Human Performance = Ability + Motivation + Public Preception. For the organization, it is because of bureaucratic relationship (coordination) vertically and horizontally, standard operating procedures that are directed, organizational structure, and agency policies. From the service system, it can be optimized with minimum service standard and standard operating procedures for excellent service. Keywords : e-KTP, Service, Population and Civil Registration Agency of Bone Bolango
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011