ESSAY

Writer / NIM
SARTIN MANTANG / 941418061
Study Program
S1 - ADMINISTRASI PUBLIK
Advisor 1 / NIDN
Dr IRAWATY IGIRISA, SPd, M.Si / 0028097104
Advisor 2 / NIDN
Dr. YAKOB NOHO NANI, S.Pd., M.Si / 0021117506
Abstract
ABSTRAK Sartin Mantang, Nim 941418061. 2022. ��Ã..."Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone Bolango��. Skripsi, Program Studi Sarjana Adminitrasi Publik Jurusan Adminitrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr. Irawaty Igirisa, S.Pd M.Si dan Pembimbing II Bapak Dr.Yacob Noho Nani, S.Pd., M.Si. Tujuan penelitian bertujuan untuk mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat ditinjau dari aspek mutu pelayanan dan kinerja unit pelayanan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif dengan menggunakan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat. Penelitian dilakukan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone Bolango. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis accidential sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan kuesioner atau angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone Bolango mutu pelayanan berada pada level ��Ã..."B�� dan kinerja unit pelayanan berada dalam kategori baik. Hal ini di tunjukkan dengan nilai IKM sebesar 3,31 dengan angka konversi sebesar 82,75. Hasil analisis terhadap 9 indikator Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap mutu pelayanan yaitu: (1) persyaratan pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 88,5 dengan kategori sangat baik. (2) Prosedur pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 85,5 dengan kategori baik. (3) waktu pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 77,5 dengan kategori baik. (4) biaya/tarif) memiliki nilai IKM sebesar 82 dengan kategori baik(5) produk spesifikasi jenis pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 84,25 dengan kategori baik (6) kompetensi pelaksanaan memiliki nilai IKM sebesar 86,5 dengan kategori baik (7) perilaku pelaksana memiliki nilai IKM sebesar 86,5 dengan kategori baik (8) penanganan pengaduan, saran, dan masukan memiliki nilai IKM sebesar 86,25 dengan kategori baik (9) sarana dan prasarana memiliki nilai IKM sebesar 83,55 dengan kategori baik Kata kunci: Mutu Pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat ��� ABSTRACT Sartin Mantang, Student ID Number 941418061. 2022. ��Ã..."Community Satisfaction Index On Public Services at The Population and Civil registration Office Bone Bolango Regency��. Undergraduate Thesis, Bachelor���s Degree Program ini Public Administration, Departement of Public Administration, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Gorontalo. The Principal Supervisor is Dr. Irawaty Igirisa, S.Pd., M.Pd, and the co-supervisor is Dr. Yacob Noho Nani, S.Pd., M.Pd. This study aims measure the Community Satisfaction Index regarding service quality and unit performance at the Population and Civil Registration Office, Bone Bolango Regency. This research is a quantitative research using the Community Satisfaction Index analysis. The study was conducted at the Population and Civil Registration Office of Bone Bolango Regency. The sampling used is non-probability sampling with accidental sampling. Data collection techniques consist of observation, documentation, and questionnaires. The results show the value of the Community Satisfaction Index (IKM) of service of the Population and Civil Registration Office of Bone Bolango Regency. The service quality is at level ��Ã..."B��, and the service unit performance is a good category. This is indicated by the IKM value 3,31, with a conversion rate of 82,75. The results of analysis of 9 indicators of Community Satisfaction Indes on service quality: (1) service requirements have an IKM value of 88,5 with a very good category. (2) The service procedure has an IKM value of 85,5 eith a good category. (3) service time has an IKM value of 77,5 with good category. (4) costs/tariffs have an IKM value 82 with a good category (5) product type service specifications have an IKM value of 84,25 with a good category (6) implementation competence has an IKM value 86,5 with a good category (7) behavior of the implementer has an IKM score of 86,25 with a good category (8) handling complaints and suggestions has an IKM value of 86,25 with a good category (9) facilities and infrastructure have an IKM value 83,55 with a good category. Keywords: service Quality, Community, Satisfaction Index
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011