THESIS

Writer / NIM
RAHMAT OLII / 715516002
Study Program
Teknologi Pendidikan
Advisor 1 / NIDN
Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D / 0010097506
Advisor 2 / NIDN
Dr. Sardi Salim, M.Pd / 0005076805
Abstract
RAHMAT OLII. 2019. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Materi Everyday Activities untuk Kelas V SD Laboratorium Gorontalo. Tesis. Program Studi Teknologi Pendidikan. Pembimbing: Karmila Machmud, S.Pd, MA, Ph.D dan Dr. Sardi Salim, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran dengan menggunakan teknologi 3D Augmented Reality untuk siswa kelas V SD Laboratorium Gorontalo serta mengetahui keefektivan produk multimedia dalam pembelajaran ditinjau dari peningkatan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Research and Developement (R&D). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model DDD-E oleh Ivers & Barron yang meliputi: decide (tahap menentukan), design (tahap merancang), develop (tahap mengembangkan), dan evaluate (tahap evaluasi). Validasi produk dilakukan pada tahap alpha test yang melibatkan satu ahli materi dan satu ahli media. Sementara beta test melibatkan guru mata pelajaran dan tiga orang siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Teknik Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Penelitian ini (1) menghasilkan multimedia pembelajaran dengan menggunakan teknologi 3D Augmented Reality untuk materi Everyday Activities yang dilengkapi dengan buku pendukung sebagai sumber belajar. (2) Produk yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Laboratorium Gorontalo pada materi Everyday Activities, terbukti dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 42.5 dan pada post-test sebesar 85.92 dengan nilai gain sebesar 0.75. Kata kunci: multimedia pembelajaran, augmented reality, sekolah dasar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Thesis 2024
2023
Year Thesis 2023
2022
Year Thesis 2022
2021
Year Thesis 2021
2020
Year Thesis 2020
2019
Year Thesis 2019
2018
Year Thesis 2018
2017
Year Thesis 2017
2016
Year Thesis 2016
2015
Year Thesis 2015
2014
Year Thesis 2014
2013
Year Thesis 2013
2012
Year Thesis 2012
2011
Year Thesis 2011