KARYA ILMIAH

Pengarang
Tirtawaty Abdul
Subjek
- Sains
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran berbasis virtual laboratory dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran yang berbasis real experiment di kelas XI IPA pada konsep gelombang bunyi dan cahaya dengan lokasi penelitian SMA Negeri 1 Tapa dan SMA Negeri 1 Kabila. Sampel penelitian yaitu pada sekolah SMA Negeri 1 Tapa terpilih kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol sedangkan di sekolah SMA Negeri 1 Kabila terpilih kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Experiment melalui desain Posttest Only Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa di sekolah SMA Negeri 1 Kabila, untuk kelas eksperimen memperoleh hasil belajar rata-rata 84,74 sedangkan untuk kelas kontrol memperoleh nilai rata 74,9. Hasil belajar yang di peroleh pada sekolah SMA Negeri 1 Tapa, untuk kelas eksperimen meperoleh nilai rata 85,5 sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata 74,22. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran berbasis virtual laboratory dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran berbasis real experiment Kata Kunci: Virtual Laboratory, Real Experiment, Hasil Belajar Siswa
Penerbit
Politeknik Gorontalo
Kontributor
-
Terbit
2019
Tipe Material
PROSIDING
Right
-
Berkas ini telah didownload sebanyak 300 kali
Download