Peneliti
Asri Arbie
Jenis Penelitian
Penelitian Unggulan Fakultas
Sumber Dana
PNBP/BLU
Abstrak
Berdasarkan Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2010 tentang Pendidikan karakter perlu dikembangkan pada satuan pendidikan. Implementasinya ke dalam mata pelajaran, kegiatan ekstra kurikuler, dan pembiasaan. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu adanya Penilaian Pendidikan Karakter dilakukan melalui pengamatan terhadap perubahan prilaku dan sikap untuk menilai perkembangan afektif dan kepribadian peserta didik. Jika ditelaah dengan cermat tujuan pendidikan nasional, esensi matematika dan IPA (MIPA, perilaku kehidupan ilmuwan utama dalam MIPA dan dengan memperhatikan nilai-nilai utama dari Universitas Negeri Gorontalo dan Fakultas MIPA, maka nilai-nilai yang dikembangkan dan dipromosikan dalam kerangka implementasi program pendidikan MIPA berorientasi pendidikan karakter adalah jujur, cerdas, cakap, peduli, dan tangguh.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan instrumen penilaian butir karakter mahasiswa di Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo yang valid konstruk dan valid empiris. Melalui penelitian ini diharapkan dapat dihasilkan instrumen penilaian butir karakter mahasiswa di Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo yang valid konstruk dan valid empiris. Teori pengembangan yang akan digunakan pada penelitian ini adalah metode pengembangan dari Thiagarajan (1974), dimana model ini sering disebut Model 4-D (four D Model) yang terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) pendefinisian (define), (2) perencanaan (design), (3) pengembangan (develop) (4) pendesiminasian (disseminate). Penelitiana akan dilaksanakan di Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo dengan subjek penelitian adalah mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Praktikum Fisika Dasar 2 pada Tahun Ajaran 2014-2015, mengingat mata kuliah Praktikum Fisika Dasar dijadwalkan di seluruh jurusan yang ada di Fakultas MIPA
Berkas ini telah didownload sebanyak 888 kali