Peneliti
Sukirman Rahim
Jenis Penelitian
Penelitian Kolaboratif Dana BLU FIP
Sumber Dana
PNBP Fakultas/Pasca
Abstrak
Kondisi yang terjadi saat ini terkait proses pembelajaran IPA di sekolah dasar masih kurang memberikan efek positif pada siswa. Hasil observasi di kelas pada saat pembelajaran IPA berlangsung siswa kurang tertarik dan dominan aktif dengan aktivitas lain, sehingga yang akan diteliti adalalh Bagaimana Inovasi Guru dalam menerapkan Metode Demonstrasi Dalam Proses Pembelajaran IPA untuk Memotivasi Siswa di Kecamatan Dungalio Kabupaten Gorontalo (Studi Kasus : Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar) Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah untuk memberikan penguatan dan penjelasan pada guru dan pihak pemerintah bahwa metode demonstrasi dapat digunakan di sekolah dasar. Metode demonstrasi sudah diterapkan dengan baik karena langkah-langkahnya terlaksana dengan baik oleh guru. Dengan metode demonstrasi ini siswa mampu berintreraksi dengan guru, sehingga siswa terlihat aktif, meskipun sebagian sisa yang terlihat aktif tetapi metode demonstrasi sudah berhasil dilaksanakan. Temuan lain dalam penelitian ini bahwa metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA sering diterapkan oleh guru, mengapa tidak selalu digunakan karena tidak semua pembelajaran IPA menggunakan metode demonstrasi. Guru juga belum mengerti dengan bagaimana mnggunakan metode demonstrasi. Selain itu pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat menjalin hubungan dengan baik, antara guru dan siswa, menumbuhkan rasa ingin tahu dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan memberi kesempatan pada siswa untuk mengetahui pelajaran dengan melalui demonstrasi.
Berkas ini telah didownload sebanyak 621 kali