PENELITIAN

Peneliti
Ihsanulfu'ad Suwandi
Jenis Penelitian
Riset Akselerasi Asisten Ahli (RA3)
Sumber Dana
PNBP/BLU
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi validitas implementasi trainer Internet of Things (IoT) dalam konteks pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Internet of Things di Universitas Negeri Gorontalo. Terkait pendidikan tinggi semakin menekankan integrasi teknologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, maka penggunaan IoT menjadi salah satu solusi pendekatan dalam pembelajaran. Namun, validitas implementasi teknologi dalam konteks pembelajaran berbasis proyek belum sepenuhnya dipahami. Maka, penelitian ini mengadopsi metode analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji t) yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui survei awal menggunakan kuesioner, wawancara mendalam, dan observasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi validitas implementasi, tantangan yang dihadapi, dan solusi yang mungkin untuk meningkatkan efektivitas penggunaan trainer IoT dalam pembelajaran berbasis proyek. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan pendidikan tinggi yang adaptif dan inovatif di era pembelajaran digital saat ini.
Berkas ini telah didownload sebanyak 11 kali
Download