PENELITIAN

Peneliti
Hasdiana
Jenis Penelitian
Strategi Nasional (DP2M)
Sumber Dana
DP2M Dit. Litabmas
Abstrak
Penelitian berjudul “Peningkatan Brand Image Kerawang melalui Penciptaan Desain Ragam Hias Kreatif Beridentitas Kultural Budaya Gorontalo untuk Mendukung Industri Kreatif " adalah penelitian yang mempunyai tujuan untuk mengoptimalkan potensi kerawang sebagai salah satu produk unggulan masyarakat Gorontalo agar dapat menjadi produk yang mempunyai ciri yang tidak dimiliki oleh daerah lain sehingga pasar tidak akan jenuh dengan produk lokal yang selama ini terkesan sangat monoton dalam penerapan desain motif atau desain ragam hias yang pada akhirnya dapat menjadi produk unggulan yang berprospek menjadi komoditas yang mampu mencerminkan ciri khas kelokalan Gorontalo, original, unik dan prospektif serta siap diproduksi secara luas dalam industri kreatif. Metode utama yang digunakan adalah metode eksperimen. Prosedur penelitian dilakukan dengan tahap Perwujudan dan Evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa penciptaan desain ragam hias kreatif untuk kerawang yang telah dikakukan pada penelitian tahap pertama dapat dilanjutkan pada penelitian tahap kedua. Selain itu dari penelitian ini juga terbukti bahwa desain ragam hias kerawang kreatif yang diterapkan pada busana merupakan desain ragam hias yang spesifik dan merupakan corak, tipe, model, macam, jenis rupa desain ragam hias yang menjadi ciri khusus karena dieksplorasi dari kebudayaan Gorontalo sehingga mengandung nilai filosofi yang jelas dan ditemukan keunikan yang mencerminkan kepribadian ataupun tradisi yang bersumber dari adat istiadat dan keberagaman masyarakat Gorontalo. Tahap perwujudan dilakukan melalui tahapan-tahapan pengambilan ukuran, pembuatan pola dasar dengan menggunakan dua metode pola dasar yaitu metode praktis dan metode meyneke, lalu dilanjutkan dengan mengubah pola sesuai dengan desain, pembuatan pola kerawang, membuat rancangan bahan, menyiapkan bahan, spreading, marking, cutting, bundling, pembuatan kerawang, penjahitan dengan menggunakan mesin manual low speed, finishing dan penyempurnaan, kemudian diakhiri dengan fitting oleh model. penelitian tahap ke II ini berhasil mewujudkan pada karya nyata melalui proses kreatif dan menghasilkan 15 rancangan busana dengan desain ragam hias kerawang kreatif sehingga dapat dimanfaatkan secara nyata dengan perwujudan karya visual yang dikemas melalui fashion show dan akan dapat menjadi “juru bicara” untuk mempromosikan desain ragam hias kerawang tersebut dan pada akhirnya dapat meningkatkan brand image kerawang.
Berkas ini telah didownload sebanyak 2790 kali
Download