Peneliti
Hasdiana
Jenis Penelitian
Strategi Nasional (DP2M)
Sumber Dana
DP2M Dit. Litabmas
Abstrak
Penelitian berjudul “Peningkatan Brand Image Kerawang melalui
Penciptaan Desain Ragam Hias Kreatif Beridentitas Kultural Budaya Gorontalo
untuk Mendukung Industri Kreatif " adalah penelitian yang mempunyai tujuan
untuk mengoptimalkan potensi kerawang sebagai salah satu produk unggulan
masyarakat Gorontalo agar dapat menjadi produk yang mempunyai ciri yang tidak
dimiliki oleh daerah lain sehingga pasar tidak akan jenuh dengan produk lokal
yang selama ini terkesan sangat monoton dalam penerapan desain motif atau
desain ragam hias yang pada akhirnya dapat menjadi produk unggulan yang
berprospek menjadi komoditas yang mampu mencerminkan ciri khas kelokalan
Gorontalo, original, unik dan prospektif serta siap diproduksi secara luas dalam
industri kreatif. Metode utama yang digunakan adalah metode eksperimen.
Prosedur penelitian dilakukan dengan tahap Perwujudan dan Evaluasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa penciptaan desain ragam hias
kreatif untuk kerawang yang telah dikakukan pada penelitian tahap pertama dapat
dilanjutkan pada penelitian tahap kedua. Selain itu dari penelitian ini juga terbukti
bahwa desain ragam hias kerawang kreatif yang diterapkan pada busana
merupakan desain ragam hias yang spesifik dan merupakan corak, tipe, model,
macam, jenis rupa desain ragam hias yang menjadi ciri khusus karena dieksplorasi
dari kebudayaan Gorontalo sehingga mengandung nilai filosofi yang jelas dan
ditemukan keunikan yang mencerminkan kepribadian ataupun tradisi yang
bersumber dari adat istiadat dan keberagaman masyarakat Gorontalo.
Tahap perwujudan dilakukan melalui tahapan-tahapan pengambilan
ukuran, pembuatan pola dasar dengan menggunakan dua metode pola dasar yaitu
metode praktis dan metode meyneke, lalu dilanjutkan dengan mengubah pola
sesuai dengan desain, pembuatan pola kerawang, membuat rancangan bahan,
menyiapkan bahan, spreading, marking, cutting, bundling, pembuatan kerawang,
penjahitan dengan menggunakan mesin manual low speed, finishing dan
penyempurnaan, kemudian diakhiri dengan fitting oleh model. penelitian tahap ke
II ini berhasil mewujudkan pada karya nyata melalui proses kreatif dan
menghasilkan 15 rancangan busana dengan desain ragam hias kerawang kreatif
sehingga dapat dimanfaatkan secara nyata dengan perwujudan karya visual yang
dikemas melalui fashion show dan akan dapat menjadi “juru bicara” untuk
mempromosikan desain ragam hias kerawang tersebut dan pada akhirnya dapat
meningkatkan brand image kerawang.
Berkas ini telah didownload sebanyak 2790 kali