Author
Tirtawaty Abdul
Subject
- Sains
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran
berbasis virtual laboratory dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran yang berbasis real
experiment di kelas XI IPA pada konsep gelombang bunyi dan cahaya dengan lokasi penelitian SMA Negeri 1
Tapa dan SMA Negeri 1 Kabila. Sampel penelitian yaitu pada sekolah SMA Negeri 1 Tapa terpilih kelas XI IPA2
sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol sedangkan di sekolah SMA Negeri 1 Kabila
terpilih kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini
menggunakan Quasi Experiment melalui desain Posttest Only Control Group Design. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa di sekolah SMA Negeri 1 Kabila, untuk kelas eksperimen
memperoleh hasil belajar rata-rata 84,74 sedangkan untuk kelas kontrol memperoleh nilai rata 74,9. Hasil
belajar yang di peroleh pada sekolah SMA Negeri 1 Tapa, untuk kelas eksperimen meperoleh nilai rata 85,5
sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata 74,22. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan antara hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran berbasis virtual laboratory dengan hasil
belajar siswa yang menerapkan pembelajaran berbasis real experiment
Kata Kunci: Virtual Laboratory, Real Experiment, Hasil Belajar Siswa
Publisher
Politeknik Gorontalo
Contributor
-
Publish
2019
Material Type
PROSIDING
Right
-
This files has been downloaded 306 times