Author
Setiyo Utoyo
Subject
- Pendidikan
Abstract
Abstrak
Dalam penelitian ini tentunya memiliki tujuan yang akan dicapai setelah penelitian dilaksanakan, penelitian dengan mengangkat tema Pendidikan Jasmani Untuk Anak Usia Dini: Pengembangan Fundamental Movement Skill (FMS) bertujuan untuk membentuk fundamental skill pada anak usia dini agar dapat berkembang sesuai dengan karakter perkembangannya sehingga dapat menunjang aktivitasnya pada masa dewasa nanti. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Sedangkan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg dan Gall yang terdiri dari sepuluh langkah antara lain; 1) need asesmen 2) melakukan perencanaan 3) mengembangkan produk awal yang diuji oleh 3 ahli 4) melakukan uji lapangan kecil 5) revisi produk 6) melakukan uji coba lapangan sedang 7) revisi produk 8) uji coba lapangan besar 9) revisi produk 10) menyusun laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba kelompok kecil memperoleh skor, 70.04%, uji coba kelompok sedang 80, 34 % dan uji coba kelompok besar 86.89% sehingga efektivitas model untuk mengembangkan fundamental movement skill (FMS) pada anak bisa diterima dengan baik.
Kata Kunci: fundamental movement skill, jasmani, anak usia dini.
Abstract
In this study certainly has a goal that will be achieved after the research is carried out, research with the theme Physical Education for Early Childhood: Development of Fundamental Movement Skills (FMS) aims to form fundamental skills in early childhood so that they can develop in accordance with the character of their development so that they can support its activity in adulthood later. This study uses a research and development approach. While the development model used is the development model Research & Development (R&D)of Borg and Gall which consists of ten steps including; 1) need assessment 2) planning 3) developing initial products tested by 3 experts 4) conducting small field tests 5) product revisions 6) conducting medium field trials 7) product revisions 8) large field trials 9) product revisions 10 ) compile research reports. The results showed that small group trials obtained scores, 70.04%, medium group trials 80, 34% and large group trials 86.89% so that the effectiveness of the model for developing fundamental movement skills (FMS) in children could be well received.
Keywords: Fundamental Movement Skills, Physical, Early Childhood
Publisher
LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Contributor
-
Publish
2020
Material Type
ARTIKEL
Right
-
This files has been downloaded 413 times