Author
Abdul Hamid Isa
Subject
- Pendidikan
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertolak dari problematik bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk
mengoptimalkan pengelolaan pembelajaran guna meningkatkan kualitas belajar peserta didik
multikeaksaraan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kondisi objektif pengelolaan pembelajaran
dan mendeskripsikan upaya-upaya mengoptimalkan kualitas pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap capaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. Lokasi penelitian adalah di salah
satu kecamatan di Provinsi Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan
fenomenologis. Sumber data penelitian adalah para pendidik, peserta didik, dan pengelola program
multikeaksaraan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa kondisi objektif pengelolaan pembelajaran multikeaksaraan
belum dilaksanakan secara optimal. Kondisi ini berpengaruh terhadap produktivitas pembelajaran. Temuan
lainnya adalah bahwa masih perlu dikembangkan dengan baik kompetensi pendidik (tutor) yang mumpuni
serta fasilitas yang relatif memadai dalam tataran pelaksanaannya.
Kata Kunci: pembelajaran, pengelolaan, multikeaksaraan.
Publisher
Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Ditjen PAUD dan Dikmas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Contributor
-
Publish
2019
Material Type
ARTIKEL
Right
-
This files has been downloaded 236 times