Author
Asna Ntelu
Subject
- Bahasa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa Kelas Xl IPA 4 SMA Negeri 1
Telaga menyusun bagian-bagian penting dalam ceramah. Metode penelitian: deskriptif jenis
penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data: observasi dan tes kemampuan. Hasil
penelitian menunjukkan aktivitas siswa pada siklus 1,terdapat 10 aspek (66.67%) berkategori
baik, dan 5 aspek (33. 33%) cukup. Akan tetapi setelah dilaksanakan perbaikan proses pembelajaran
pada siklus 2, aktivitas siswa menjadi 14 aspek (93.33%) berkategori baik dan sangat
baik, dan hanya 1 aspek (6. 67%) cukup. Peningkatannya mencapai 26.66%. Dilihat dari aktivitas
dosen pengajar, dari20aspek yang diamati hanya 13aspek (65%) berkategori baik dan
sangat baik, dan masih7aspek (35%) berkategori cukup. Akan tetapi pada siklus 2 hanya 1
aspek (5%) yang perlu dimaksimalkan dalam pembelajaran. Dilihat dari kemampuan siswa,
masih rata-rata 69.43%, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 81,24%. Simpulannya adalah:
(1) aktivitas siswa, pengajar, dan kemampuan siswa pada siklus 1 rata-rata belum tuntas,
nanti pada siklus 2 telah memenuhi kriteria ketuntasan di atas 70%; (2) metode mind mapping
merupakan salah satu metode efektif khususnya dalam pembelajaran “menyusun bagianbagian
penting dalam ceramah”. Martin (dalam Trianto, 2007: 159) mengemukakan “peta
konsep adalah ilustrasi grafis konkret yang mengindikasikan bagaimana sebuah konsep tunggal
dihubungkan ke konsep-konsep lain pada kategori yang sama”.
Kata Kunci: Meningkatkan; Menyusun; Mind mapping.
Publisher
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia SPs UPI
Contributor
-
Publish
2019
Material Type
PROSIDING
Right
-
This files has been downloaded 403 times